Tuesday, December 22, 2015

Social Media Mempengaruhi Ranking Google (seo)

Social Media mungkin adalah salah satu hal yang paling revolusioner  dalam perkembangan internet sejak internet mulai dikenal masyarakat  luas. Namun demikian, saya sebagai konsultan SEO memiliki pandangan lain tentang bagaimana situs-situs sosial media  berkembang. Percaya atau tidak, situs sosial media yang besar seperti  Facebook dan Twitter justru mengabaikan mesin pencari atau benar-benar menutup diri darinya.

Sehingga banyak timbul pertanyaan di beberapa forum para webmaster tentang apakah social media mempengaruhi ranking Google?  Semua orang tahu bahwa sosial media untuk publikasi online, satu tweet  atau share yang dibagikan melalui media sosial dapat mendatangkan  beribu-ribu pengunjung menuju link yang dibagikan tersebut dengan efek  viralnya. Tetapi apakah ini benar-benar berpengaruh terhadap SEO?  Pelajari kembali pengertian SEO jika Anda belum memahami apa yang saya bicarakan.
Pada bulan Desember tahun lalu, memang tim web spam Google dan Bing mengangkat topik tentang pengaruhi sosial media terhadap SEO dalam bentuk wawancara oleh Search Engine Land, namun dari pembicaraan itu dapat disimpulkan bahwa Google dan Bing “mungkin” mempertimbangkan  tweet dan share sosial media terhadap hasil peringkat halaman (SERP),  kata yang saya garis bawahi membawa kita kepada posisi abu-abu. Tidak  tahu angka yang pasti, apakah memiliki pengaruh besar atau tidak  terhadap SEO.
Lepas dari sifat keabu-abuan itu, menurut sebuah studi oleh  Searchmetrics, penyebaran link melalui sosial media seperti tweets dan  share atau like Facebook,  memiliki dampak dan pengaruh besar terhadap ranking Google. Disimpulkan  bahwa, Facebook memiliki korelasi yang paling tinggi dari hasil  pencarian dengan kata kunci tertentu, bahkan lebih dari keyword on  domain dan backlink.  Twitter memiliki pengaruh kedua terbesar dari hasil pencarian kata  kunci, dan lebih dari itu Google+1 justru sebenarnya adalah faktor  paling berpengaruh dalam link building meningkatkan SERP sosial media,  tapi mengingat kecilnya pengguna, menempatkan Google +1 berada di tempat  ketiga.
Ada segala macam tips, trik, dan mitos seputar SEO dalam algoritma Google. Sementara itu, backlink berkualitas  tetap memiliki pengaruh kuat dalam meningkatkan hasil SERP dan lebih  dari itu, sosial media mempengaruhi ranking Google, semakin banyak kata kunci yang tersebar melalui tweets, share dan like Facebook, semakin besar pula peningkatan peringkat dalam mesin pencari.
Social Media untuk Online Branding
Ketika Anda membangun perusahaan ataupun personal entrepreneur  (online freelancer, konsultan, dll) merek adalah salah satu hal yang  terpenting untuk membangun citra perusahaan  atau personal branding. Banyak cara dan strategi yang dapat diterapkan  untuk membangun merek Anda sendiri, salah satunya adalah melalui media sosial.
Sosial media adalah cara yang ampuh untuk meningkatkan online branding baik personal ataupun corporate,  melalui publikasi online dengan biaya yang relatif rendah. Salah satu  yang menjadi ciri khas social media untuk online branding adalah sisi  keterlibatan yang menjadikannya patut untuk masuk dalam strategi  pemasaran online Anda. Namun, dengan begitu banyaknya situs jejaring  sosial, maka kebanyakan dari kita kesulitan untuk mengelola dan  memanagenya serta melakukan social media monitoring.  Untuk itu, pertimbangkan tips berikut ini, agar kampanye online  branding terarah dan terstruktur dengan baik sehingga tepat sasaran.
Membangun Website Pencitraan
Branding dimulai dengan tampilan dan nuansa dari situs utama Anda. Website atau blog  Anda menceritakan segalanya tentang Anda, dari mulai latar belakang  pendidikan, pekerjaan atau karir, hobi dan sebagainya. Orang akan  diarahkan menuju website utama Anda untuk lebih mengenal Anda lebih  dekat. Dari web blog Anda, hubungan akan mulai terjalin.
Social Media Profile
Pastikan bahwa profil Anda dalam sosial media sesuai dengan merek  yang ingin Anda bangun. Kedepankan merek melalui foto profil Anda,  sehingga setiap orang yang terlibat hubungan dengan Anda akan mudah  mengingat merek yang Anda tampilkan.
Integrasikan Profile
Setelah Anda membentuk citra merek secara konsisten melalui situs  media sosial, integrasikan seluruh profil Anda dengan website utama  melalui ikon media sosial untuk memudahkan Anda berbagi. Selain untuk  membangun citra merek, hal ini sekaligus membantu teknik SEO bekerja  dalam meningkatkan ranking Google, sehingga membantu pelanggan dan penggemar menemukan Anda melalui mesin pencari.
Terlibat Lebih Dalam
Banyak orang yang hanya memanfaatkan sosial media untuk hanya  menyebarkan link atau tautan konten, agar orang tertarik membacanya. Ini  adalah suatu kesalahan besar, jika tujuan Anda adalah membangun online  branding. Orang akan sangat mudah melupakan dan bosan terhadap apa yang  Anda bagikan, jika Anda tidak ikut terlibat di dalamnya. Komunikasi  sangat penting untuk membangun citra positif merek Anda. Selain itu,  Anda juga dapat memperoleh feedback (umpan balik) dari pelanggan dan  teman-teman Anda, tentang produk Anda dan bagaimana hasil kerja Anda  (personal branding).
Share This

Contact Us

Contact Form

Name

Email *

Message *

Published By Gooyaabi Templates |Powered By Blogger