Social Media mungkin adalah salah satu hal yang paling revolusioner dalam perkembangan internet sejak internet mulai dikenal masyarakat luas. Namun demikian, saya sebagai konsultan SEO memiliki pandangan lain tentang bagaimana situs-situs sosial media berkembang. Percaya atau tidak, situs sosial media yang besar seperti Facebook dan Twitter justru mengabaikan mesin pencari atau benar-benar menutup diri darinya.
Sehingga banyak timbul pertanyaan di beberapa forum para webmaster tentang apakah social media mempengaruhi ranking Google? Semua orang tahu bahwa sosial media untuk publikasi online, satu tweet atau share yang dibagikan melalui media sosial dapat mendatangkan beribu-ribu pengunjung menuju link yang dibagikan tersebut dengan efek viralnya. Tetapi apakah ini benar-benar berpengaruh terhadap SEO? Pelajari kembali pengertian SEO jika Anda belum memahami apa yang saya bicarakan.
Pada bulan Desember tahun lalu, memang tim web spam Google dan Bing mengangkat topik tentang pengaruhi sosial media terhadap SEO dalam bentuk wawancara oleh Search Engine Land, namun dari pembicaraan itu dapat disimpulkan bahwa Google dan Bing “mungkin” mempertimbangkan tweet dan share sosial media terhadap hasil peringkat halaman (SERP), kata yang saya garis bawahi membawa kita kepada posisi abu-abu. Tidak tahu angka yang pasti, apakah memiliki pengaruh besar atau tidak terhadap SEO.
Lepas dari sifat keabu-abuan itu, menurut sebuah studi oleh Searchmetrics, penyebaran link melalui sosial media seperti tweets dan share atau like Facebook, memiliki dampak dan pengaruh besar terhadap ranking Google. Disimpulkan bahwa, Facebook memiliki korelasi yang paling tinggi dari hasil pencarian dengan kata kunci tertentu, bahkan lebih dari keyword on domain dan backlink. Twitter memiliki pengaruh kedua terbesar dari hasil pencarian kata kunci, dan lebih dari itu Google+1 justru sebenarnya adalah faktor paling berpengaruh dalam link building meningkatkan SERP sosial media, tapi mengingat kecilnya pengguna, menempatkan Google +1 berada di tempat ketiga.
Ada segala macam tips, trik, dan mitos seputar SEO dalam algoritma Google. Sementara itu, backlink berkualitas tetap memiliki pengaruh kuat dalam meningkatkan hasil SERP dan lebih dari itu, sosial media mempengaruhi ranking Google, semakin banyak kata kunci yang tersebar melalui tweets, share dan like Facebook, semakin besar pula peningkatan peringkat dalam mesin pencari.
Social Media untuk Online Branding
Ketika Anda membangun perusahaan ataupun personal entrepreneur (online freelancer, konsultan, dll) merek adalah salah satu hal yang terpenting untuk membangun citra perusahaan atau personal branding. Banyak cara dan strategi yang dapat diterapkan untuk membangun merek Anda sendiri, salah satunya adalah melalui media sosial.
Sosial media adalah cara yang ampuh untuk meningkatkan online branding baik personal ataupun corporate, melalui publikasi online dengan biaya yang relatif rendah. Salah satu yang menjadi ciri khas social media untuk online branding adalah sisi keterlibatan yang menjadikannya patut untuk masuk dalam strategi pemasaran online Anda. Namun, dengan begitu banyaknya situs jejaring sosial, maka kebanyakan dari kita kesulitan untuk mengelola dan memanagenya serta melakukan social media monitoring. Untuk itu, pertimbangkan tips berikut ini, agar kampanye online branding terarah dan terstruktur dengan baik sehingga tepat sasaran.
Membangun Website Pencitraan
Branding dimulai dengan tampilan dan nuansa dari situs utama Anda. Website atau blog Anda menceritakan segalanya tentang Anda, dari mulai latar belakang pendidikan, pekerjaan atau karir, hobi dan sebagainya. Orang akan diarahkan menuju website utama Anda untuk lebih mengenal Anda lebih dekat. Dari web blog Anda, hubungan akan mulai terjalin.
Social Media Profile
Pastikan bahwa profil Anda dalam sosial media sesuai dengan merek yang ingin Anda bangun. Kedepankan merek melalui foto profil Anda, sehingga setiap orang yang terlibat hubungan dengan Anda akan mudah mengingat merek yang Anda tampilkan.
Integrasikan Profile
Setelah Anda membentuk citra merek secara konsisten melalui situs media sosial, integrasikan seluruh profil Anda dengan website utama melalui ikon media sosial untuk memudahkan Anda berbagi. Selain untuk membangun citra merek, hal ini sekaligus membantu teknik SEO bekerja dalam meningkatkan ranking Google, sehingga membantu pelanggan dan penggemar menemukan Anda melalui mesin pencari.
Terlibat Lebih Dalam
Banyak orang yang hanya memanfaatkan sosial media untuk hanya menyebarkan link atau tautan konten, agar orang tertarik membacanya. Ini adalah suatu kesalahan besar, jika tujuan Anda adalah membangun online branding. Orang akan sangat mudah melupakan dan bosan terhadap apa yang Anda bagikan, jika Anda tidak ikut terlibat di dalamnya. Komunikasi sangat penting untuk membangun citra positif merek Anda. Selain itu, Anda juga dapat memperoleh feedback (umpan balik) dari pelanggan dan teman-teman Anda, tentang produk Anda dan bagaimana hasil kerja Anda (personal branding).